ASEAN merupakankerjasamaantarnegara-negara di kawasan Asia Tenggara.  Terbentuknya ASEAN didasariolehadanyakepentingan-kepentinganbersamadanmasalah-masalahbersama di Asia Tenggara.Kerjasama yang terjalalinyaitudalambidangpolitik ,ekonomi , sosial , budaya , danpelatihanmiliter.

SelamalebihdariempatdekadesemenjakdicetuskannyaDeklarasi Bangkok, ASEAN telahmenjelmamenjadikekuatan regional yang terbesarkedua di duniasetelahUniAfrika.Dalamperjalanannya, ASEAN terusberevolusiseiringdinamikaperkembangan global.

Banyakhal yang telahdilakukan ASEAN, sepertimengoptimalisasikankerjasamadengan PBB danorganisasiInternasionallainnyabagimembantunegara-negaraanggota ASEAN yang sedangmengalamikesulitandalamberbagaibidang. Contohnyasaatpenangananbantuankepada Myanmar pascaterjadinya Cyclone Nargistahun 2008.Kerjasamatersebutsaatinibahkanmenjadisebuah model bagiupayadalampenanggulanganbencana, dandiharapkandapatmenjadidasaruntukmeningkatkankemitraan yang lebihbaik.

Pada ASEAN 2011 ini, Indonesia terpilihuntukmemimpin ASEAN.Kepemimpinan Indonesia inilebihcepatdari yang dijadwalkansebelumnya.Seharusnya Indonesia memimpin ASEAN padatahun 2013.Inidikarenakankarena Indonesia mempunyaiperananpentingdanmenetukan di ASEAN, contohnya Indonesia memilikiinisiatifuntukmenghentikanperselisihanantara Negara Thailand danKambojadalammasalahbataswilayahantarkeduanegara. Indonesia sendirimemilikimotivasibahwa ASEAN akanterusberkembangdanberinovasidalamduniaInternasionalsertamemilikiperanaktif di duniaInternasional agar nama ASEAN terangkat di mataInternasional.

Asia mempunyaiperananpentingdalambeberapatahunterakhir, karenabanyaknegara-negara di Asia mampubangkitdarikrisisekonomi global.Dan pencapaian-pencapain yang gemilangdalamhalekonomi yang sangatberpengaruhdalamduniaInternasional, seperti Negara China pertumbuhan rata-rata ekonomi China lebihdari 10% (jauhmelampauipertumbuhanekonomidunia).Inimembawa China sebagainegaradenganpertumbuhanekonomiterdashyat di abadini. China saatinimendudukiposisi ke-2 dalamjumlahekspornyadanurutan ke-3 darijumlahimpor.Negara-negaraanggota ASEAN pun  memilikiperekonomian yang cukupstabildalammenghadapikrisiskeuangan global padabeberapatahunini. Indonesia merupakansalahsatunegara yang cukupstabilmenghadapiresesi global.Olehkarenaitu Indonesia inginmenghidupkankembalikerjasama ASEAN dengan Negara macan Asia seperiChina ,Jepang, dan Korea Selatan. Indonesia meyakinidenganmenghidupkankembalikerjasamadengan  negara-negaratersebut, negara-negaraanggota ASEAN akansangatterbantudalambidangekonomi.

Indonesia sebagaipemimpin ASEAN saatini, inginmelakukankerjasamayaituseperti ASEAN Economic Community (AEC). Pilariniamatpentingkarenapadasaatnyananti, peredaranbarang, jasa, modal daninvestasiakanbergerakbebasdalamkawasanini. Kondisiinitentunyamenyiratkanpersaingan yang secarabersamaanmemberikanpeluangbagiseluruhnegara ASEAN denganporsi yang imbang.Lalu  ASEAN Socio Cultural Community menjadipilar yang terusdiupayakanoleh ASEAN. Kedepannya, Indonesia menginginkan ASEAN untukmenjadisolusiterhadapmasalah-masalah global.

Indonesia memilikiperananpenting di ASEAN namunperanitukurangbisadioptimalkandanmembuat Indonesia rugi.Banyakhal di ASEAN yang ditentukanoleh Indonesia, namunIndonesiasendirimemilikikekurangandalamberbagaihaldibandingkannegara-negara di ASEAN lainnya.  Sepertidalamhalinovasiteknologiotomotif yang masihkurangdibandingnegara-negaraanggota ASEAN lainnyaataupunpemanfaatansumberdayaalam yang masihterhambatsertapengelolaanpariwisata yang masihlambatdibandingkan Negara Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Namun, Indonesia berharapbisamenjadipemimpin ASEAN yang membawapengaruhpositif  danmenjadikannegara-negara ASEAN diperhitungkandalamduniaInternasionalsertaseluruhkerjasama yang terjalindapatmenghasilkanbentukkerjanyatabagipembangunan ASEAN.

Oleh : AndiniPratiwi
Mahasiswa S1 IESP FE UNPAD

Posted on August 18, 2011 by ranitaditya

Iklan