• Pengertian
    • Intisari kehidupan social. Artinya, kehidupan social tampak secara konkret dalam berbagai bentuk pergaulan seseorang dengan orang lain dan merupakan bentuk pelaksanaan kedudukan manusia sebagai makhluk social.
  • Ciri-ciri interaksi social
    • Pelaku lebih dari satu orang
    • Adanya komunikasi dengan symbol-simbol
    • Adanya dimensi waktu
    • Adanya tujuan
  • Faktor-faktor interaksi social
    • Imitasi: tindakan social menurut sikap, tindakan, tingkah laku, dan penampilan fisik seseorang secara berlebihan. Contoh: seorang siswa meniru seorang penyanyi terkenal yang berambut gondrong memakai perhiasan berlebihan
    • Sugesti: pemberian pengaruh atau pandangan dari satu pihak kepada pihak lain. Akibatnya, pihak yang dipengaruhi akan tergerak mengikuti  pengaruh itu dan menerimanya secara sadar atau tidak sadar tanpa berpikir panjang.
    • Identifikasi: kecenderungan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Orang lain yang menjadi sasaran identifikasi dinamakan idola (kata idol berarti sosok yang dipuja). Merupakan bentuk lebih lanjut dari proses imitasi dan proses sugesti yang pengaruhnya telah amat kuat. Misal, seorang remaja mengidentifikasi dirinya dengan seorang penyanyi terkenal yang ia kagumi. Lalu, ia akan berusaha mengubah penampilan dirinya agak sama dengan penyanyi idolanya.
    • Simpati: proses seseorang merasa tertarik dengan orang lain. Merasa tertarik didasari oleh keinginan untuk mengerti pihak lain. Proses simpati relative lebih lambat tapi pengaruhnya lebih mendalam dan tahan lama.
  • Syarat-syarat terjadinya interaksi social
    • Kontak: Dilihat dari wujudnya kontak social dibedakan menjadi:
      • Kontak antar individu. Contoh:kontak antara anak dan orangtuanya, kontak antara seorang siswa dengan siswa yang lain.
      • Kontak antar kelompok. Kontak antara dua perusahaan dalam hubungan bisnis, kontak antara dua kesebelasan di lapangan untuk memperebutkan kejuaraan.
      • Kontak antara individu dan suatu kelompok. Contoh: kontak antara seorang calon anggota dan para anggota organisasi yang akan dimasukinya. Kontak antara seorang pembicara dan peserta dalam suatu seminar.
    • Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan (ide,gagasan) dari suatu pihak ke pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Agar komunikasi dapat berlangsung dengan baik, sedikitnya dibutuhkan komponen-komponen sebagai berikut:
      • Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
      • Penerima atau komunikator (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain.
      • Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan satu pihak kepada pihak lain.
      • Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerima pesan atas isi pesan yang disampaikan.